Manajer bekerja di tempat yang kita sebut organisasi. Oleh karena itu, sebelum
kita bisa mengidentifikasi siapa manajer, penting untuk menjelaskan apa yang
kita maksud dengan istilah organisasi.
Organisasi adalah
sebuah pengaturan sistematis orang untuk mencapai
beberapa tujuan tertentu. perguruan tinggi atau universitas Anda adalah sebuah organisasi. Jadi, apakah persaudaraan, lembaga pemerintah, gereja, Xerox Corporation, lingkungan Anda
SPBU, American Medical Association, team baseball New York Yankees , dan United Way. Alasan bahwa semua ini adalah organisasi, semua memiliki tiga karakteristik umum. Pertama, masing-masing memiliki tujuan yang jelas. Tujuan ini biasanya dilihat dari hasil atau merencanakan hasil. Kedua, terdiri dari sekumpulan orang. Ketiga, semua organisasi berkembang dengan model yang sama dalam beberapa jenis pengaturan terstruktur yang tegas dan batasan yang membatasi perilaku anggotanya. Ini akan mencakup, misalnya, pembuatan aturan dan peraturan, mengidentifikasi beberapa anggota sebagai ketua dan memberikan kuasa atas anggota lain, Jadi ketika kita menggunakan istilah organisasi, kita berbicara mengenai kesatuan yang mempunyai tujuan jelas, kesatuan orang atau anggota dan berisi model yang sama dalam system struktur.
beberapa tujuan tertentu. perguruan tinggi atau universitas Anda adalah sebuah organisasi. Jadi, apakah persaudaraan, lembaga pemerintah, gereja, Xerox Corporation, lingkungan Anda
SPBU, American Medical Association, team baseball New York Yankees , dan United Way. Alasan bahwa semua ini adalah organisasi, semua memiliki tiga karakteristik umum. Pertama, masing-masing memiliki tujuan yang jelas. Tujuan ini biasanya dilihat dari hasil atau merencanakan hasil. Kedua, terdiri dari sekumpulan orang. Ketiga, semua organisasi berkembang dengan model yang sama dalam beberapa jenis pengaturan terstruktur yang tegas dan batasan yang membatasi perilaku anggotanya. Ini akan mencakup, misalnya, pembuatan aturan dan peraturan, mengidentifikasi beberapa anggota sebagai ketua dan memberikan kuasa atas anggota lain, Jadi ketika kita menggunakan istilah organisasi, kita berbicara mengenai kesatuan yang mempunyai tujuan jelas, kesatuan orang atau anggota dan berisi model yang sama dalam system struktur.
Manejer bekerja pada sebuah organisasi, namun tidak setiap orang
dalam sebuah organisasi adalah seorang manejer. Untuk mudahnya, kita dapat membagi anggota
organisasi menjadi dua kategori yaitu manajer atau
operasional. Operasional adalah mereka yang
bekerja secara langsung pada beberapa pekerjaan atau tugas dan memiliki tanggung jawab tidak untuk mengawasi pekerjaan orang lain. Hal ini berbeda karena manejer itu unik berasal dari operasional yang ganjil karena manejer aktivitas langsung dari orang lainnya.
bekerja secara langsung pada beberapa pekerjaan atau tugas dan memiliki tanggung jawab tidak untuk mengawasi pekerjaan orang lain. Hal ini berbeda karena manejer itu unik berasal dari operasional yang ganjil karena manejer aktivitas langsung dari orang lainnya.
Pada tim atletik, pekerjaan ini disebut pelatih. manajer mungkin memiliki disebut seperti departemen
atau kepala badan, pemimpin proyek, kepala unit, manajer distrik, dekan, atau
manajer divisi. Pada bagian atas organisasi, manajer biasanya disebut seperti wakil
presiden, presiden, direktur, chief operating officer, CEO, atau ketua dewan.
Dalam perusahaan manufaktur, seseorang mungkin menemukannya dalam tangga karir selama dua puluh lima
tahun manajerial, dijelaskan dalam urutan berikut sesuai dengan jenis pekerjaan: mandor produksi, mandor
shift, penjadwalan manajer, inspektur asisten pabrik, pengawas pabrik, manajer
pabrik, operasi kabupaten manajer, dan
wakil presiden manufaktur
MANAJEMEN
Dengan cara yang sama bahwa organisasi memiliki karakteristik umum,
demikian juga manajer. Terlepas dari kenyataan bahwa sebutan bervariasi secara
luas, ada Manajer umum dan Manajemen karakteristik, pekerjaan mereka tidak peduli apakah
ia supervisor di ruang surat dari perusahaan asuransi mengawasi staf lima atau
ketua karyawan. meninjau penelitian yang lebih baru pada peran manajerial;
mempertimbangkan penerapan konsep universal manajerial, dan menyimpulkan dengan.
pengakuan bahwa apa yang manajer benar-benar melakukan dalam praktek mungkin
berbeda dari teori manajemen apa kata yang harus mereka lakukan. Mendefinisikan Manajemen
Defenisi manajemen
adalah efektivitas efisiensi Ketika kita menggunakan istilah
manajemen, berarti proses efisien mendapatkan kegiatan dilengkapi melalui orang
lain. Proses ini merupakan fungsi atau kegiatan utama dalam manajer.
Fungsi-fungsi ini biasanya diberi label perencanaan. pengorganisasian
terkemuka, dan pengendalian. Efisiensi adalah bagian penting dari manajemen.
Hal ini mengacu pada hubungan antara input dan output. Jika anda mendapatkan
output lebih untuk masukan yang diberikan, Anda telah meningkatkan efisiensi.
Demikian pula, jika Anda bisa mendapatkan output yang sama dari input yang
kurang Anda lagi meningkatkan efisiensi. Sejak menangani manajer dengan sumber
daya input yang langka uang, orang dan peralatan, mereka khawatir
dengan efisiensi penggunaan sumber daya tersebut. Manajemen, karena itu,
berkaitan dengan meminimalkan biaya sumber daya. Tidaklah cukup untuk hanya
efisien. Manajemen juga perlu diperhatikan. Ketika para manajer mencapai tujuan
organisasi mereka, kita katakan mereka efektif. Jadi efisiensi berkaitan dengan
berarti, dan efektivitas dengan ujung. Efisiensi dan efektivitas saling
berhubungan. Jadi manajemen tidak hanya peduli dengan mendapatkan kegiatan
selesai (efektivitas), tetapi melakukannya seefisien mungkin. Dapatkah
organisasi menjadi efisien dan tidak efektif? Ya! Sejumlah perguruan tinggi telah
menjadi sangat efisien dalam pengolahan siswa.
Fungsi perencanaan organisasi, mengatur, perintah,
koordinasi dan kontrol. Karena organisasi yang ada untuk
mencapai beberapa tujuan, seseorang harus menentukan tujuan itu dan cara untuk
pencapaiannya. Manajemen adalah perencanaan, meliputi mendefinisikan tujuan
organisasi. membentuk strategi keseluruhan untuk mencapai tujuan-tujuan ini,
dan mengembangkan rencana untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan
kegiatan.
Menejer juga bertanggung jawab
untuk merancang organisasi baru dimasayang mendatang. Kami menyebutnya fungsi
pengorganisasian. Ini mencakup tugas-tugas yang harus dilakukan, yang meliputi tujuan bagaimana
tugas-tugas harus dikelompokkan. melaporkan kepada siapa, dan dimana keputusan
harus dibuat. Setiap organisasi berisi orang, dan itu adalah tugas manajemen
untuk perencanaan langsung dan mengkoordinasikan orang-orang ini. Ini adalah fungsi utama. Ketika manajer memotivasi bawahan, mengarahkan kegiatan orang lain, pilih saluran
komunikasi yang paling efektif, menyelesaikan konflik di antara anggota, atau
mengatasi permasalahan anggota untuk berubah, mereka sedang terlibat dalam memimpin dan mengendalikan
para manajer. Setelah tujuan ditetapkan, manajemen harus memantau kinerja
organisasi. Jika ada penyimpangan yang signifikan, maka tugas manajemen adalah untuk menbuat organisasi
kembali ke jalur.
PERAN MANAJEMEN
Pada akhir 1960 an, Henry Mintzberg melakukan studi yang cermat dari lima eksekutif di
tempat kerja. Berdasarkan pengamatannya manajer aktual pada pekerjaan, peran
manajemen
peran interpersonal. Semua manajer memiliki peran kepemimpinan. Peran ini termasuk perekrutan, pelatihan, memotivasi, dan disiplin karyawan. Manajer penjualan yang memperoleh informasi dari manajer personalia di perusahaan yang sama memiliki hubungan penghubung internal. Ketika itu manajer penjualan memiliki kontak dengan para eksekutif penjualan lainnya melalui asosiasi perdagangan pemasaran,
peran interpersonal. Semua manajer memiliki peran kepemimpinan. Peran ini termasuk perekrutan, pelatihan, memotivasi, dan disiplin karyawan. Manajer penjualan yang memperoleh informasi dari manajer personalia di perusahaan yang sama memiliki hubungan penghubung internal. Ketika itu manajer penjualan memiliki kontak dengan para eksekutif penjualan lainnya melalui asosiasi perdagangan pemasaran,
Biasanya ini
dilakukan melalui membaca majalah dan berbicara dengan orang lain untuk belajar
dari perubahan selera masyarakat, apa mungkin pesaingan perencanaan, dan
sejenisnya. menyebut peran monitor. Manajer juga
bertindak sebagai saluran untuk mengirimkan informasi kepada anggota
organisasi. Ini adalah peran penyebar. Manajer juga melakukan peran juru bicara
ketika mereka mewakili organisasi ke luar. Dalam peran
pengusaha, manajer memprakarsai dan mengawasi proyek-proyek baru yang akan
meningkatkan kinerja organisasi mereka. manajer mengambil tindakan dalam
menanggapi masalah yang tidak terduga sebelumnya. Dalam peran pengalokasi
sumber daya, manajer bertanggung jawab untuk mengalokasikan sumber daya manusia.
Manajer dan Manajemen adalah bagian dari perencanaan, seperti peran kewirausahaan. Ketiga peran
interpersonal merupakan bagian dari fungsi terkemuka. Semua manajer melakukan
beberapa pekerjaan yang tidak murni manajerial. Jika Anda belajar administrasi
bisnis. Anda hampir pasti mengambil kursus dasar dalam manajemen. Menariknya,
jika Anda sedang mempelajari administrasi publik, administrasi kesehatan. atau
pendidikan administrasi internasional, Anda juga hampir pasti akan diminta
untuk mengambil kursus dasar dalam manajemen.
PERBANDINGAN TEORI DAN
PRAKTEK
Ketika kita bertanya, "Apa yang
manajer lakukan?" kita berusaha untuk mencari tahu apa yang harus mereka
lakukan atau apa yang sebenarnya mereka lakukan? Perbedaan ini penting karena
manajemen teori dan praktek tidak selalu sama
Dalam buku ini kami menyajikan apa yang
manajer yang baik harus dilakukan. Sebagai contoh, kita lihat pentingnya terlibat dalam perencanaan
jangka panjang, penggunaan alat bermutu dalam pengambilan keputusan. dan kebutuhan bagi para manajer untuk
mengantisipasi perubahan. Sangat disayangkan, kemudian, untuk mengetahui dalam
survei praktek manajemen yang banyak manajer tidak terlibat dalam perencanaan
jangka panjang; bahwa penggunaan kuantitatif. alat dalam analisis keputusan
tidak luas, dan bahwa manajer jauh lebih mungkin reaktor untuk mengubah
daripada menanggulangi. Kita juga perlu memastikan, karena itu, apa yang
manajer berlatih lakukan.
Karena teori dan praktek seringkali
berbeda, manajemen adalah sebuah teori normatif. Ketika Anda
melanjutkan melalui buku ini, Anda akan diperkenalkan dengan teori paling baru
dalam manajemen. Tapi karena para manajer tidak
selalu mengikuti teori sebagaimana diusulkan dalam buku teks, kita juga akan
berhubungan dengan Anda studi terbaru dan komprehensif terhadap actual
Manajer mempengaruhi
hasil organisasi dengan keputusan yang mereka buat. Untuk pelatih sepak bola
perguruan tinggi, ini termasuk keputusan pada siapa ia memutuskan
untuk merekrut, mana pemain mulai, pelatih memilih untuk bekerja dengan asisten, akan memutar ia mengajarkan timnya, dan pilihan bermain dia
membuat masing-masing selama pertandingan. Demikian pula, manajer dalam and government bisnis mempengaruhi keberhasilan organisasi mereka oleh kualitas keputusan yang mereka
buat.
Tapi tunggu sebentar tidak semua manajer melihat dan semua tahu. Mereka hanya manusia Ketika
inflasi atau tingkat suku bunga yang tinggi adalah Presiden Amerika Serikat yang
bertanggung jawab Jika Toyota Motor Company menguntungkan dan Chrysler tidak,
bedanya sepenuhnya karena
tindakan manajemen masing-masing. Jika hasil organisasi sepenuhnya disebabkan
oleh praktek manajemen yang baik atau buruk, bagaimana kita menjelaskan pelatih
tim yang menang selama delapan tahun berturut-turut dan kemudian memiliki
beberapa musim .
Pada awal 1980-an,
pemerintahan Amerika bertindak untuk mengurangi inflasi dengan pengetatan
ketersediaan uang. Hal ini, pada gilirannya, dua kali lipat suku bunga KPR.
Para manajer terbaik di industri pembangunan rumah mengantisipasi penurunan
permintaan untuk perumahan. tetapi hampir tidak satupun dari mereka yang
akurat, diperkirakan mengalami Sedikit penurunan.
diharapkan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk empat kali lipat
harga minyak pada tahun 1973. Tindakan ini secara dramatis meningkatkan
permintaan bahan isolasi rumah. Para manajer di Johns - Mansyille hanya
kebetulan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Dalam nada yang
sama, pada tahun 1978, Union Carbide Corporation memiliki terobosan teknologi
utama dalam pembuatan film-density polyethylene logi yang memungkinkan untuk
menjual dengan persaingan utamanya, Gulf Oil, sebesar 20 persen. Seperti inovasi teknologi sangat
sulit untuk mengantisipasi, dokter hewan itu memiliki dampak besar pada
penjualan dan keuntungan untuk divisi kimia Teluk. Pada tahun 1982
International Harvester berada di ambang kebangkrutan, kehilangan puluhan juta
dolar sebulan. Sebagai tanggapan direksi memecat ketua perusahaan,
tindakan ini disimpulkan oleh suatu analisis industri, yang
mengatakan, "Suatu perubahan dalam manajemen puncak dapat membantu
International Harvester. Di sisi lain. Aku tidak tahu bagaimana perubahan dalam
manajemen akan meningkatkan permintaan FBR mesin pertanian dan truk. "
Contoh-contoh di atas merupakan pengaruh dari hasil organisasi dan yang sebagian besar inidikendalikan oleh manajer. Dalam banyak kasus, tindakan pemerintah, merubah
penawaran tenaga kerja, keputusan persaingan. Dengan cara ini, anda akan menemukan
praktek manajemen apa yang harus dilakukan manajer (teori normatif) tetapi mereka benar-benar
melakukan (praktek deskriptif).
HASIL PEKERJAAN
MANAJER
Ada sebuah asumsi
yang melekat mendasari studi manajer manajemen yang baik melakukan membuat
perbedaan, dan kualitas para manajer organisasi menentukan kualitas dari
organisasi itu sendiri. Keberhasilan perusahaan seperti Revlon dan IBM
adalah dikaitkan dengan manajemen yang baik. masalahnya Chrysler Corporation
dikatakan sebagai hasil dari sejarah miskin manajemen keputusan. Dalam setiap kasus,
diasumsikan
bahwa keberhasilan atau kegagalan organisasi diukur dalam
istilah-istilah seperti laba, tingkat pertumbuhan, catatan menang rugi, atau tingkat inflasi dan pengangguran disebabkan tindakan manajer.
Bagaimana manajer mempengaruhi hasil organisasi? Apakah benar untuk
keberhasilan dan kegagalan. Selain itu, manajer
tingkat menengah dan manajer tingkat pertama juga harus hidup dengan
kebijakan organisasi, kontrak serikat buruh, dan kendala internal yang sama
yang mempengaruhi keefektifan mereka. Dengan demikian bahwa asumsi
dari seluruh organisasi atau salah satu subunit nya (departemen, kabupaten,
divisi) adalah semata-mata karena dengan keputusan manajer adalah benar-benar
realistis.
pengakuan di atas
tidak bermaksud untuk meremehkan pentingnya manajemen yang baik. Banyak masalah saat
ini menghadapi produsen ponsel, mengelolaan perusahaan ponsel Amerika gagal untuk
merespon perubahan selera konsumen. Mereka bertekad untuk terus manufaktur
kendaraan besar, tidak efisien, tapi sangat menguntungkan meskipun indikator
yang sangat jelas bahwa pesaingan dan biaya yang terus meningkat mengubah
jenis ponsel.
Kinerja organisasi
dapat dikaitkan dengan tindakan manajemen. Ada faktor yang tak terkendalikan membatasi pilihan yang
buat manajer. Tidak peduli seberapa kompeten manajer, ada beberapa kekuatan yang
tidak dapat diprediksi. Siklus ekonomi, tindakan pesaingan, ketersediaan tenaga
kerja, dan faktor eksternal lainnya mempengaruhi kinerja organisasi, tetapi
secara substansial tidak terkendali oleh manajemen. Tidak diragukan lagi,
manajemen yang buruk akan merugikan kinerja organisasi dan akhirnya bisa
mengancam kelangsungan hidupnya. Pengelolaan yang baik meningkatkan kemungkinan
keberhasilan organisasi, tetapi ada jaminan itu. Tapi berpikir tersebut tidak
cocok dengan kenyataan bahwa manajer mempengaruhi sejumlah besar, tetapi tidak
semua faktor yang menentukan kinerja organisasi.
STUDI MANAJEMEN
Akan naif bila berasumsi bahwa setiap orang yang mempelajari manajemen adalah perencanaan
karir di manajemen. Sebuah kursus dalam manajemen misalnya, menjadi persyaratan
yang mungkin Anda
inginkan. Dengan asumsi Anda berencana untuk bekerja untuk hidup dan menyadari
bahwa hampir semua dari kita bekerja dalam organisasi. Anda menghadapi kenyataan
bahwa Anda akan baik mengelola organisasi., Anda bisa
mendapatkan banyak wawasan cara bos Anda berperilaku dan ke dalam kerja
internal organisasi melalui studi manajemen. Anda tidak perlu untuk ingin
menjadi seorang manajer untuk mendapatkan sesuatu yang relevan. Manajer bekerja di
sebuah organisasi dan mengarahkan kegiatan orang lain, Kita mendefinisikan manajemen sebagai
proses-efisien mendapatkan kegiatan dilengkapi dengan dan melalui orang lain.
Setiap individu yang disebutkan di atas memiliki kesamaan. Sementara mereka
bekerja
berbeda-bisnis
organisasi dan mengatur pemerintah kecil dan besar, beberapa bagian diatas dekat dalam
berbagai lokasi,
kesamaan yang mereka miliki adalah bahwa mereka semua
manajer. setiap aktivitas yang mereka lakukan adalah terkait dengan
manajemen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar