PEMERIKSAAN INJEKTOR
Tekanan injektor yang tidak sesuai lagi dengan spesifikasi menjadi salah satu faktor penyebab borosnya pemakaian bahan bakar, asap tebal dan tenaga yang dihasilkan kurang, karena injektor mempunyai peran yang sangat penting, yaitu untuk menyemprotkan bahan bakar dari pompa injeksi kedalam silinder dengan tekanan tertentu sehingga bahan bakar berbentuk kabut dan tersebar secara merata di ruang bakar.
Penelitian dilakukan pada tanggal 17 mei sampai 17 juni 2013 di workshop otomotif FT UNP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tekanan injektor terhadap konsumsi bahan bakar pada engine Mitshubishi L 300 Diesel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen yang memberikan perlakuan terhadap objek penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan antara tekanan injektor sesuai spesifikasi (110 kg/cm2) dengan tekanan yang tidak sesuai dengan spesifikasi (90 kg/cm2 dan 130 kg/cm2) pengujian dilakukan pada beberapa putaran mesin berbeda yaitu 800 rpm, 1100 rpm, 1400 rpm dan 1700 rpm. Data yang dibandingkan adalah konsumsi bahan bakar.
Berdasarkan hasil penelitian dalam uji statistik menunjukkan thitung pada setiap perbandingan tekanan injektor standar (110 kg/cm2) dengan menurunkan tekanan injektor (90 kg/cm2) dan menaikkan tekanan injektor(130 kg/cm2) secara rata rata lebih besar dari ttabel.
Kata kunci: Injektor, Konsumsi Bahan Bakar, Mitsubishi L300.
Pemeriksaan
Injektor Dari Diesel
Injektor dikenal juga dengan istilah nozzle, yang
berfungsi sebagai pengabutan solar ke dalam ruang bakar diesel.
Dengan kata lain injektor termasuk dalam sistem bahan bakar diesel. Kerja
injektor merubah wujud solar dari cair menjadi gas. Kerja injektor ini membutuhkan
tekanan yang tinggi agar proses pengabutan solar baik. Agar hal itu tercapai
kondisi injektor harus benar baik – baik, sehingga proses pengabutan dapat
menghasilkan bentuk wujud pengabutan yang baik. Pengabutan yang tidak baik
membuat solar tidak terbakar semuanya di ruang bakar. Dampak terparahnya
pernah terjadi penumpukkan solar cair di dalam silinder mesin. Hal ini
mengakibatkan mesin tidak bisa hidup atau mogok.
Menggecek
tekanan injektor
Tujuan pengecekan ini
adalah untuk mengetahui berapa tekanan yang dibutuhkan agar
injektor dapat mengabut. Injektor yang mengabut pada tekanan terlalu rendah,
akan membuat pengabutan menjadi tidak baik. untuk inilah biasanya dilakukan
penyetelan pada injektor, ada yang menambahkan sim pada injektor di atas pegas
( terletak di dalam injektor). Dan ada juga yang memutar baut penyetelan
injektor yang terletak di bagian atas dari injektor. Cara pengecekan injektor
ini menggunakan alat pompa injektor tester.
Caranya:
Caranya:
- Pasang injektor pada pipa dari pompa injektor tester.
- Pastikan solar terisi pada tangki pompa injektor tester.
- Tekan tuas pompa injektor tester. Dan baca skala penunjukkan tekanan yang ada pada pressure gauge. Tekanan untuk injektor baru = 151 – 159 kg/cm2. Tekanan injektor lama 145 – 155 kg/cm2.
- Jika hasil penekanan tidak sesuai dengan standar tekanan injektor maka lakukan penyetelan dengan cara menambahkan sim ke dalam injektor atau menyetel baut penyetel injektornya, sampai didapat tekanan yang standar.

Tes
kebocoran
- Tetap biarkan injektor terpasang pada pompa injektor tester.
- Tekan tuas pompa injektor tester sampai kurang lebih di bawah tekanan standar yaitu 10 – 20 kg/cm 2 di bawah tekanan standar. Jadi misalkan injektor baru lakukan penekanan di antara 131 – 141 kg/cm2.
- Biarkan selama 10 detik. Dan perhatikan apakah terjadi kebocoran pada injektor di bagian lubang injeksi. Perhatikan juga kebocoran di daerah sekitar sambungan nozzle dan mur penyetel. Bila terjadi kebocoran ini maka lakukan overhaul pada injektor.

Tes
bentuk penyemprotan
- Lakukan pemompaan sesuai injektor yang dites. Untuk injektor model lama lakukan pompa tuas injektor nozzle 15 -60 kali per menit. Untuk injektor model baru lakukan pompa tuas injektor 30 -60 kali per menit.
- Cek bentuk pengabutan dan bandingkan seperti pada gambar berikut. Apakah bentuk pengabutan injektornya baik atau tidak
- Perbaikkannya adalah membersihkan injektor , bila masih tidak baik setelah dibersihkan maka harus diganti injektornya.
Dalam melakukan penyetelan injector
harus memiliki tekanan yang sama untuk seluruh injector tersebut. Misal mesin 4
silinder artinya memiliki 4 injektor. Di mana ke 4 injektor tersebut harus sama
tekanannya. Tekanan injector yang tidak sama membuat kerja mesin menjadi
pincang atau bergetar saat hidup. https://updateseputarotomotif.blogspot.co.id/2016/12/pemeriksaan-injektor.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar