Kamis, 08 Desember 2016

Pemeriksaan Sistem Rem


Tujuan dari  job ini adalah sebagai berikut :
1.       Mahasiswa dapat mangetahui nama-nama komponen pada rem belakang.
2.       Mahasiswa dapat  merawat komponen rem belakang.
3.       Mahasiswa dapat membongkar pasang rem belakang.

Bahan Materi

Silinder Master.
Servis pemeliharan silender master biasanya ditemukan pada mangkok piston yang terlampau aus atau klep periksa yang dudukannya kurang baik . Pengalaman mengatakan bahwa kerusakan ini disebabkan oleh benda-benda asing terutama yang tajam atau berlumpur masuk kedalam tempat minyak rem.periksalah silender master kalau ada kerusakan . Bagian dalam silender master harus diganti secara keselurahan.
Selang waktu yang dianjurkan adalah 2 tahun . Panjang keseluruhan dari sub rakkitan piston primer ditetukan 93.1 mm (3,665 in) spesifikasi ini sangat penting dalam fungsi silinder master . Waktu memasang kembali sub rakitan ini setelah dibongkar atau penggantian mangkok piston ,pastikanlah sesuai dengan nilai spesifikasi dengan pembentuk.

Tromol Rem.
Periksalah kebersihan tromol dan bila ada bekas minyak bersikanlah. Periksalah keausan permukaan remnya dengan mengukur garis tengah dalam dan dari pengukuran ini tentukan  ketidakbundaran atau oval. Permukaan yang aus berbentuk alur dapat diperbaiki dengan dibubut,begitu pula bila sedikit dengan kurang bundar. Tromol yang retak aus distoris terlampau banyak harus diganti.
Sepatu Rem.
Perbaikilah permukaan yang licin dengan cara menggosoknya dengan kertas pasir.Bekas minyak juga dihilangkan dengan cara yang sama. Bila sepatu rem sudah terlalu aus harus diganti.

Silinder Roda.
Periksalah keausan mangkok piston dan kerusakannya, gantilah bila rusak walaupun waktu penggantiannya belum sampai.
bagian dalam silender harus diganti secara keseluruhan dalam selang waktu teratur . Mangkok dan boot piston dibuat dari karet, jadi dicuci dengan bensin atau cairan serupa lainnya . Gunakanlah minyak rem untuk mencucinya kalau tidak akan berubah bentuknya atau membengkak.
Pipa Rem.             
Pipa rem terdiri dari bentuk gulungan 2 lapis yang terbuat dari plat baja gulungan didalam pipa dinding 2 lapis  ,dengan permukaan yang dibuat anti karat.setelah kendaraan dipakai didaerah pantai yang banyak garamnya, lebih baik pipa dicuci dengan air lunak.
Membuat Udara.
Setelah penggantian bagian atau komponen atau pemasagan system rem kaki  ,bila minyak rem kena udar yang terbuka , maka udar yang sedikit itu akan masuk kedalam system tersebut dan menyebabkan pedal rem seperti busa dalam hal ini  atau bila diperkirakan bahwa system rem tersebut kemasukan udara, maka udara dapat dikeluarkan.
pekerjaan ini harus dilakukan oleh 2 orang , satu orang mengerjakan pedal rem , dan yang satu orang lagi menerjakan silender roda.  
Alat-Alat  dan Bahan Yang Dibutuhkan
1.       kunci ring
2.       obeng
3.       kunci pas
4.       jangka sorong
5.       pisau ukur
6.       mistar
7.       1 unit rem tromol



Hasil Dan Pembahasan
1.       Periksa Komponen Yang Dibongkar.
       Periksa kompnen yang di bongkar terhadap keausan karat atu kerusakan.
2.       Ukur Ketebalan Pelapis Sepatu Rem.
      Ketebalan standard : 5,0 mm(0,197in), hasil pengukuran adalah 6 mm berarti masih baik dengan menggunakan alat ukur jangka sorong.
3.       Ukur Diameter Dalam Tromol Rem.
    Diameter dalam standard : 230,6 mm (9,000in), hasil pengukuran adalah 220,05 mm berarti  tromol rem masih baik , dengan menggunakan alat ukur jangka sorong.
4.       Ukur Celah Antara Sepatu Rem dan Tuas.
       Celah standard ; 0,35 (0,0138 in), hasil pengukuran adalah 0,4 mm berarti sepatu rem masih baik, dengan menggunakan alat ukur feeler gauge.
5.       Ukur Silinder Roda.
       Hasil pengukuran adalah 21,6 mm berarti silinder roda  masih baik, dengan menggunakan alat ukur jangka sorong.
6.        Ukur Piston Rem.
        Hasil pengukuran adalah 2,21 mm berarti masih piston erem masih baik, dengan menggunakan alat ukur jangka sorong.
Kesimpulan

Dari hasil pemeriksaan, perbaikan dan pengukuran dapat kita dapat kita simpulkan bahwa sangat perlu   sekali perawatan terhadap komponen-komponen rem belakang pada kendaraan khususnya pada mobil Suzuki Jimmi Katana yang telah dibongkar dengan seksama servis pemeliharan rem belakang.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Rem Sepeda Motor   Sistem pengereman sepeda motor, adalah suatu mekanisme yang digunakan untuk menurunkan laju sepeda motor at...