Tujuan dari
job ini adalah sebagai berikut :
1. Mahasiswa
dapat mangetahui nama-nama komponen pada rem belakang.
2. Mahasiswa
dapat merawat komponen rem belakang.
3. Mahasiswa
dapat membongkar pasang rem belakang.
Bahan Materi
Silinder
Master.
Servis
pemeliharan silender master biasanya ditemukan pada mangkok piston yang
terlampau aus atau klep periksa yang dudukannya kurang baik . Pengalaman mengatakan
bahwa kerusakan ini disebabkan oleh benda-benda asing terutama yang tajam atau
berlumpur masuk kedalam tempat minyak rem.periksalah silender master kalau ada
kerusakan . Bagian dalam silender master harus diganti secara keselurahan.
Selang
waktu yang dianjurkan adalah 2 tahun . Panjang keseluruhan dari sub rakkitan
piston primer ditetukan 93.1 mm (3,665 in) spesifikasi ini sangat penting dalam
fungsi silinder master . Waktu memasang kembali sub rakitan ini setelah
dibongkar atau penggantian mangkok piston ,pastikanlah sesuai dengan nilai
spesifikasi dengan pembentuk.
Tromol
Rem.
Periksalah
kebersihan tromol dan bila ada bekas minyak bersikanlah. Periksalah keausan
permukaan remnya dengan mengukur garis tengah dalam dan dari pengukuran ini
tentukan ketidakbundaran atau oval. Permukaan
yang aus berbentuk alur dapat diperbaiki dengan dibubut,begitu pula bila
sedikit dengan kurang bundar. Tromol yang retak aus distoris terlampau banyak
harus diganti.
Sepatu
Rem.
Perbaikilah
permukaan yang licin dengan cara menggosoknya dengan kertas pasir.Bekas minyak
juga dihilangkan dengan cara yang sama. Bila sepatu rem sudah terlalu aus harus
diganti.
Silinder
Roda.
Periksalah
keausan mangkok piston dan kerusakannya, gantilah bila rusak walaupun waktu
penggantiannya belum sampai.
bagian
dalam silender harus diganti secara keseluruhan dalam selang waktu teratur .
Mangkok dan boot piston dibuat dari karet, jadi dicuci dengan bensin atau
cairan serupa lainnya . Gunakanlah minyak rem untuk mencucinya kalau tidak akan
berubah bentuknya atau membengkak.
Pipa Rem.
Pipa
rem terdiri dari bentuk gulungan 2 lapis yang terbuat dari plat baja gulungan
didalam pipa dinding 2 lapis ,dengan
permukaan yang dibuat anti karat.setelah kendaraan dipakai didaerah pantai yang
banyak garamnya, lebih baik pipa dicuci dengan air lunak.
Membuat
Udara.
Setelah
penggantian bagian atau komponen atau pemasagan system rem kaki ,bila minyak rem kena udar yang terbuka ,
maka udar yang sedikit itu akan masuk kedalam system tersebut dan menyebabkan
pedal rem seperti busa dalam hal ini
atau bila diperkirakan bahwa system rem tersebut kemasukan udara, maka
udara dapat dikeluarkan.
pekerjaan
ini harus dilakukan oleh 2 orang , satu orang mengerjakan pedal rem , dan yang
satu orang lagi menerjakan silender roda.
Alat-Alat
dan Bahan Yang Dibutuhkan
1. kunci
ring
2. obeng
3. kunci
pas
4. jangka
sorong
5. pisau
ukur
6. mistar
7. 1
unit rem tromol
Hasil Dan Pembahasan
1.
Periksa
Komponen Yang Dibongkar.
Periksa kompnen yang di bongkar terhadap
keausan karat atu kerusakan.
2.
Ukur
Ketebalan Pelapis Sepatu Rem.
Ketebalan standard : 5,0 mm(0,197in), hasil
pengukuran adalah 6 mm berarti masih baik dengan menggunakan alat ukur jangka
sorong.
3.
Ukur
Diameter Dalam Tromol Rem.
Diameter dalam standard : 230,6 mm
(9,000in), hasil pengukuran adalah 220,05 mm berarti tromol rem masih baik , dengan menggunakan
alat ukur jangka sorong.
4. Ukur Celah Antara Sepatu Rem dan Tuas.
Celah standard ; 0,35 (0,0138 in), hasil
pengukuran adalah 0,4 mm berarti sepatu rem masih baik, dengan menggunakan alat
ukur feeler gauge.
5.
Ukur
Silinder Roda.
Hasil pengukuran adalah 21,6 mm berarti
silinder roda masih baik, dengan
menggunakan alat ukur jangka sorong.
6.
Ukur Piston Rem.
Hasil pengukuran adalah 2,21 mm berarti
masih piston erem masih baik, dengan menggunakan alat ukur jangka sorong.
Kesimpulan
Dari
hasil pemeriksaan, perbaikan dan pengukuran dapat kita dapat kita simpulkan
bahwa sangat perlu sekali perawatan
terhadap komponen-komponen rem belakang pada kendaraan khususnya pada mobil
Suzuki Jimmi Katana yang telah dibongkar dengan seksama servis pemeliharan rem
belakang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar